Freefastapp.net – Dalam perkembangan tenaga listrik saat ini tentu pula dipengaruhi oleh teknologi khusus yang dapat meningkatkan jaringan listrik menjadi lebih efisien sehingga pemanfaatannya pun dapat dengan mudah untuk dirasakan setiap harinya. Dengan sangat menguntungkan bagi semua pihak, hadirnya Smart Grid sebagai teknologi canggih mampu memiliki peranan yang lebih penting terhadap perkembangan listrik di setiap daerah.

Ada banyak manfaat yang juga bakal dirasakan Ketika penggunaan Smart Grid dan Microgrid berfungsi dengan sangat baik terhadap perkembangan jaringan listriik di Indonesia. Adapun dalam penerapannya maka membutuhkan komponen yang lebih unggul sehingga tersampaikannya manfaat tersebut kepada semua konsumen.

Pengertian Smart Grid Dan Cara Kerjanya

Mengenai Smart Grid, dapat diketahui pengertiannya adalah suatu system pengelolaan dan juga distribusi energi listrik yang dapat mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat meningkatkan efisiensi yang lebih baik. Dengan adanya system Smart Grid ini maka dapat memungkinkan aliran informasi yaitu dari dua arah, antara penyedia energi dan konsumen yang lebih baik, sehingga dengan aliran ini maka dapat mengoptimalkan produksi, distribusi dan juga konsumsi energi secara efisien dan real-time.

Di dalam penerapannya juga berperan MIcroGrids yang bisa diketahui. Penggunaan Smart Grid dan Microgrid memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah dapat memanfaatkan sumber daya energi yang lebih efisien serta dapat mengurangi biaya operasional sehingga dengan lebih terjangkau maka tidak akan mengurangi kualitas darpaa layanan kepada pengguna akhir.

Cara kerja dari Smart Grid ini pun yaitu penggunaan sensor dan meteran cerdas yang mana dapat mengumpulkan data penggunaan energi secara real-time sehingga kemudian data ini akan melalui proses analisis yang akan memudahkan pemahaman terhadap pola konsumsi dan juga prediksi kebutuhan energi.

Dengan demikian, system Smart Grid dapat menyesuaikan aliran energi untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya yaitu ke berbagai area yang memiliki permintaan tinggi dan juga akan mengurangi suplai ke area yang memang permintaannya rendah.

Dalam kinerjanya, bahwa Smart Grid ini membutuhkan system komunikasi dengan memungkinkan pertukaran data yang lebih cepat dan akurat. Hal ini pun memunculkan sifat kesadaran bagi para pengguna untuk bisa melihat seberapa banyak konsumsi energi yang sudah digunakan dan agar bisa membuat keputusan secara informatif untuk mengurangi penggunaan energi.

Untuk mendukung kinerja dari Smart Grid maka komponen yang mendukung di dalamnya ini terdiri dari sensor dan pemantauan, Smart Devices atau perangkat cerdas termasuk meteran pintar dan pengontrol otomatis. Juga terdiri dari system komunikasi yang baik, pusat control serta perangkat penyimpanan energi listrik.

Perbedaan Smart Grid Dan Microgrid Serta Pengaruhnya

Dalam penerapannya, bahwa Smart Grid ini memang selalu dibandingkan dengan Microgrids. Sebetulnya keduanya adalah sama dan hanya sedikit perbedaannya yang tidak mengurangi kualitas satu sama lain atas peranannya terhadap perkembangan jaringan listrik sekarang ini.

Perbedaan utama dari Smart Grid dan Microgrid dapat diketahui yaitu terletak pada skala dan aplikasinya. Bahwa untuk penerapan Smart Grid ini adalah diterapkan untuk menediakan pasokan energi listrik yang lebih optimal dan juga komunikasi yang baik dua arah antara utilitas dan pelanggan yaitu pada komunitas besar, yaitu dengan menggunakan teknologi digital untuk melakukan analisis serta pemantauan dan pengontrolan yang lebih memadai.

Sementara untuk MicroGrids disini adalah beroperasi di area komunitas kecil yang dapat befungsi secara independen dan MicroGrids ini sebagai bagian dari jaringan yang lebih besar.

Dengan demikian dapat diketahui dan disimpulkan bahwa perbedaan keduanya terletak pada aplikasi dan skalanya. Bahwa untuk Smart Grid dirancang untuk menyediakan pasokan listrik dan komunikasi dua arah pada pelanggan komunitas besar. Adapun sebaliknya bahwa untuk MicroGrids ini diaplikasikan pada area komunitas kecil.

Adapun contohnya, bahwa saat ini di Indonesia telah mengembangkan 25 sistem Smart Grid untuk dapat meningkatkan efisiensi serta kemampuan integrasi energi terbarukan. Maka implementasi daripada Smart Grid ini mampu mendemonstrasikan aplikasi Smart Grid pada skala besar, yaitu ranah Nasional.

Adapun contoh lainnya untuk penerapan MicroGrids yaitu di University of California, San Diego bahwa proyek ini dapat menunjukkan penerapan teknologi pada skala yang lebih kecil sehingga fokus terhadap penggunaan energi terbarukan serta penyimpanan energi yaitu di dalam satu area terlokalisasi.

Apa Saja Manfat Daripada Smart Grid Dan Microgrid

Sudah jelas ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya peranan penting Smart Grid terhadap jaringan listrik. Sebagai salah satu penerapan IoT bidang lingkungan, teknologi ini membawa manfaat yang lebih signifikan dalam pengoperasian system tenaga listrik. Adapun beberapa manfaat dari penggunaan Smart Grid dan Microgrid ini diantaranya adalah:

  1. Pengelolaan sumber energi efisien

Smart Grid dapat memfasilitasi integrasi yang lebih baik dari sumber energi terbarukan seperti surya dan angin dan dengan jaringan ini dapat mengatur distribusi listrik sesuai kebutuhan. Smart Grid juga dapat memberikan efisiensi yang lebih tinggi terhadap pemanfaatan energi listrik. Sistem ini pun dapat memungkinkan penggunaan energi yang lebih teratur serta menghasilkan energi yang lebih hemat.

  • Kemudahan akses di daerah terpencil

Adanya Smart Grid dapat mendukung layanan jaringan listrik yang lebih luas dan efisien sehingga terbagi ke berbagai daerah manapun. Maka aksesibilitas yang bagus ini akan masuk pada daerah terpencil sehingga dengan teknologi ini pun dapat memungkinkan penggunaan teknologi digital dan komunikasi dua arah. Hal ini pun akan memperluas akses energi listrik ke beberapa wilayah yang sulit terjangkau.

  • Dukungan terbaik untuk kendaraan listrik

Pemanfaat jaringan listrik yang lebih optimal ini pun dapat difungsikan untuk mendukung kendaraan listrik yang lebih optimal. Dengan Smart Grid maka dapat mendukung infrastruktur pengisian kendaraan listrik menjadi lebih praktis, cepat dan sangat optimal. Hal ini pun memungkinkan pelanggan mengisi daya kendaraan listrik secara lebih ekonomis sejalan dengan tren otomotif masa depan.

  • Keamanan dan ketahanan system

Sudah pasti mampu menjaga keamanan dan ketahanan system yang lebih baik maka dengan hal ini bisa meningkatkan keandalan jaringan listrik serta meminimalisir waktu pemadaman listrik. Dengan demikain konsumen takkan merasa terganggu dan kecewa. Hal ini pun membuat nyaman bagi pelanggan untuk mendukung bisnis yang lebih bergantung terhadap pasokan listrik yang diharapkan selalu stabil.

Itulah segala manfaat yang akan dirasakan dengan adanya penggunaan Smart Grid dan Microgrid yang mana keduanya memiliki peranan yang sama dan berbeda untuk aplikasi dan skalanya.

Baca Juga : Implementasi Smart Grid Yang Lebih Baik Dengan Segudang Manfaatnya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *