Freefastapp.net – Bagi kita, tentu sangat penting mengetahui lebih spesifik terkait dengan prinsip dasar dari biotechnologi. Terlebih, bioteknologi merupakan pemanfaatan makhluk hidup, proses biologis, hingga sistem biologi yang digunakan untuk mengembangkan potensi ataupun menciptakan produk serta jasa yang penting dan bermanfaat. Tentu saja, adanya bioteknologi sangat berkontribusi besar terhadap kelangsungan hidup bagi manusia. Bioteknologi punya potensi yang sangat besar dalam peningkatan lingkungan, pangan, pertanian, kesehatan, hingga berbagai bidang lain yang ada dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tentu saja, bioteknologi sendiri memiliki beberapa prinsip dasar yang sangat penting untuk kita ketahui bersama.

Sesuai dengan  namanya, biotechnologi tentu saja bukan hanya sebagai cabang ilmu biologi  yang mempelajari seputar makhluk hidup. Lebih dari itu, bioteknologi juga menggabungkan antara unsur teknologi dan biologi. Sehingga menciptakan sesuatu hal  yang baru dari makhluk hidup dengan modifikasi yang canggih dari teknologi. Pada prinsipnya, bioteknologi hadir untuk menambah banyak manfaat yang dihasilkan dari makhluk hidup menjadi sesuatu yang berguna bagi manusia. Misalnya dalam hal kesehatan, di mana bioteknologi dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan dunia medis seperti obat-obatan ataupun vaksin.

Bahkan dalam ranah lingkungan, bioteknologi bisa menciptakan bahan kimia dan bahan bakar, tanah dengan kembali subur, hingga air yang memanfaatkan limbah sehingga tidak akan mencemari lingkungan. Hal itu pula yang saat ini tengah banyak diimplementasikan. Mengingat kebutuhan manusia terhadap lingkungan atau makhluk hidup yang lain kina meningkat dalam setiap harinya.

Mengetahui Beberapa Prinsip Dasar Bioteknologi bagi Manusia yang Sangat Penting untuk Diketahui

Pemanfaatan makhluk hidup atau produk yang dihasilkan dari makhluk hidup merupakan tujuan utama dari ilmu bioteknologi yang tentu erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Tak hanya konvensional seperti mana yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kini sudah mulai banyak pemanfaatan bioteknologi modern yang menggabungkan banyak unsur ilmiah sehingga mampu menciptakan produk atau jasa dalam skala yang sangat besar.

Tentu saja, perkembangan bioteknologi kian maju seiring dengan semakin berkembangnya pula ilmu pengetahuan beserta teknologi. Selain itu, ada beberapa prinsip dasar dari bioteknologi bagi manusia yang sangat penting buat kita ketahui, diantaranya:

Rekayasa Genetika Bioteknologi

Prinsip dasar dari bioteknologi adalah rekayasa genetika. Artinya, bioteknologi bisa melakukan manipulasi genetik dari makhluk hidup guna menghasilkan sejumlah sifat baru ataupun meningkatkan beberapa sifat yang sudah ada sebelumnya. Dengan melakukan rekayasa genetika, sifat yang sudah ada sebelumnya juga terdapat hal yang baru tetapi biasanya memiliki kelebihan.

Fermentasi Bioteknologi

Fermentasi merupakan proses yang biasanya melibatkan atau memanfaatkan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, ataupun virus guna menghasilkan barang atau sesuatu yang dapat dikonsumsi manusia. Ini biasanya sering dilakukan dalam sektor pangan dan juga menggunakan bioteknologi konvensional sehingga mudah dilakukan.

Proses fermentasi sendiri adalah memanfaatkan mikroorganisme atau makhluk hidup lain supaya dapat menghasilkan jenis makanan baru. Misalnya saja fermentasi susu yang nantinya bisa menghasilkan yogurt atau keju. Contoh lainnya yaitu tempe yang diciptakan dari bahan makanan sebelumnya dari kacang kedelai, singkong difermentasi membuatnya menjadi tape, dan lain sebagainya.

Cloning Bioteknologi

Cloning merupakan bagian dari prinsip dasar bioteknologi. Berbeda dengan fermentasi, cloning bertujuan untuk membuat salinan yang identik atau mirip seperti benda aslinya yang dikloning di mana juga nantinya bisa meningkatkan jumlah daripada benda tersebut. Cloning bisa digunakan dalam reproduksi tanaman, manusia, serta hewan dengan salinan identik dari material atau organisme genetiknya.

Biosensor

Biosensor adalah prinsip lain dari bioteknologi yang bisa diartikan sebagai pemanfaatan organisme hidup ataupun komponen sel yang bertujuan untuk mendeteksi keberadaan dari suatu zat tertentu. Contoh dari biosensor ini yaitu pemanfaatan bakteri yang sudah dimodifikasi guna mendeteksi polutan di dalam  air.

DNA rekombinan

Penggabungan antara DNA dari dua sumber berbeda yang bertujuan untuk menciptakan organisme maupun molekul DNA yang baru. Hal demikian seringkali dipergunakan dalam produksi enzim, hormon dan vaksin.

Terapi gen

Terapi gen ialah penggunaan teknologi genetika guna mengobati ataupun menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara mengganti maupun memperbaiki gen yang sudah cacat sehingga bisa maksimal kembali sebagaimana mestinya.

Pertanian modern

Bioteknologi memiliki prinsip dasar lain yang juga penting bagi manusia yaitu pertanian modern. Pertanian modern ini dapat diartikan sebagai pemanfaatan teknologi biotechnologi guna meningkatkan hasil pertanian. Misalnya tanaman transgenetik di mana tahan terhadap serangan atau gangguan hama serta tahan terhadap situasi dan kondisi lingkungan tertentu.

Bioteknologi lingkungan

Selain memahami beberapa prinsip dasarnya, tentu sangat penting bagi anda untuk mengetahui pula apa saja contoh bioteknologi yang sering dilakukan ataupun diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh teknologi yang perlu anda ketahui sehingga lebih mudah dalam memahaminya, antara lain:

Insulin rekombinan

Produksi insulin memanfaatkan bakteri yang telah dimodifikasi genetik supaya mampu menghasilkan insulin manusia. Insulin rekombinan biasa sering dilakukan dalam dunia kesehatan atau medis yang sangat bermanfaat.

Tanaman transgenetik

Tanaman transgenetik  sendiri yaitu tanaman yang dimodifikasi secara genetik guna meningkatkan keberlanjutan dalam bidang pertanian. Misalnya yaitu tanaman yang tahan dari hama ataupun tahan pada kondisi cuaca dan lingkungan tertentu.

Terapi gen untuk kanker

Hasil dari pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kesehatan bahkan telah mampu menciptakan terapi gen untuk kanker. Ini dilakukan guna pengembangan yang bisa mengobati berbagai macam jenis penyakit kanker. Dengan metode penggantian ataupun perbaikan gen yang bermasalah yang memang membutuhkan peran karena tidak bisa diobati dengan hanya mengandalkan apa yang ada.

Vaksin rekombinan

Sesuai dengan namanya, vaksin rekombinan merupakan pembuatan vaksin dengan cara menggunakan teknologi rekombinan guna menghasilkan antigen terkait untuk penyakit tertentu. Bahkan, saat ini ada banyak sekali jenis-jenis vaksin untuk mencegah ataupun mengobati beberapa penyakit yang biasanya lebih capable dibanding obat konsumsi pada umumnya. Vaksin rekombinan sendiri biasanya sering dilakukan dalam dunia atau bidang kesehatan.

Pertanian precision

Untuk contoh bioteknologi yang selanjutnya ialah pertanian precision, yakni penggunaan teknologi seperti misalnya CRISPR – Cas9 yang bertujuan untuk mengedit gen hewan maupun tanaman dengan lebih presisi guna meningkatkan hasil serta kesehatan.

Demikian informasi mengenai beberapa prinsip dasar beserta contoh-contoh dari bioteknologi yang saat ini sudah mulai banyak diimplementasikan. Adanya teknologi tentu saja mampu memberikan sederet manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Tidak hanya itu, manfaat bioteknologi mencakup banyak bidang yang membuatnya sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi.

Baca Juga  : Tentang Keuntungan dan Kerugian Teknologi Augmented Reality

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *