Freefastapp.net – Kecanggihan teknologi saat ini berhasil mendukung serta memperbaiki beberapa sector, salah satunya perihal energi listrik. Untuk jalannya kehidupan berkelanjutan, tentu harus ada inovasi agar energi yang terus menerus digunakan tidak habis tapi manfaatnya terus berlangsung. Oleh sebab itu, inovasi teknologi smart grid merupakan solusi untuk distribusi energi khususnya distribusi energi listrik.

Teknologi smart grid kini mulai diterapkan untuk mengawasi penggunaan tenaga listrik di seluruh sector masyarakat baik itu industri maupun area perumahan. Selain itu, penerapan diharapkan dapat menjaga kualitas distribusi energi listrik supaya

Bagaimana Cara Kerja Smart Grid?

Bagi kamu yang baru mengenal jaringan pintar sebagai solusi untuk mengurangi beban pasokan listrik dan solusi agar ramah lingkungan. Kamu harus mengenal smart grid dan cara kerjanya. Bagaimana cara kerjanya:

Menggunakan Sensor

Ada beberapa komponen pendukung agar penerapan jaringan pintar di Indonesia semakin lancer. Salah satunya menggunakan komponen sensor, pertama menggunakan sensor dan smart meter guna mengumpulkan data energi yang dipergunakan secara real time. Informasi ini nantinya akan dikumpulkan serta di analisis guna mengetahui pola konsumsi energi serta memperkirakan jumlah kebutuhan energi. Data analisis tersebut nantinya sangat berguna dalam penyesuaian aliran energi. Dari hasilnya bisa diatur apakah sumber daya harus diberikan lebih banyak atau dikurangi agar sesuai dengan area. Ketika salah satu area hanya membutuhkan sedikit artinya permintaan energi akan dikurangi begitu pun sebaliknya.

Memanfaatkan Sistem Komunikasi

Pengiriman data dari smart meter dan sensor membutuhkan sistem komunikasi yang sangat baik. Teknologi komunikasi sangat penting untuk proses pertukaran data serta proses analisis komponen jaringan pintar.

Pengguna akan mengetahui penggunaan energi sehingga bisa memilih lebih hemat. Pengguna dapat melihat informasinya langsung melalui perangkat seluler, sehingga lebih memperhatikan konsumsi energi. Saat ini proses membaca data semakin mudah kalau sudah terhubung ke handphone atau website sehingga dapat diakses di mana pun.

Penerapan Smart Grid di Indonesia dan Manfaatnya

Apakah inovasi teknologi smart grid telah diterapkan di Indonesia? PLN engineering sudah menerapkan teknologi smart grid dan micro grid di salah satu wilayah Indonesia salah satunya Nusa Penida Bali. Sebagai pelopor energi, penerapan teknologi ini diharapkan bisa dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Pemerintah bekerja sama dengan PLN untuk meningkatkan keandalan pasokan energi listrik agar lebih optimal dalam menggunakan energi terbarukan. Apalagi dalam penerapannya menggunakan teknologi digital untuk mengawasi dan mengelola penggunaan energi listrik.

Hal ini menjadi tujuan utama untuk mendukung penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan karena data dapat memberikan informasi penggunaan energi terus menerus. Di area pesisir Indonesia, teknologi jaringan pintar ini membantu pengguna mengontrol pengeluaran biaya penggunaan energi.

Apalagi didukung teknologi informasi dan komunikasi, sehingga pengguna bisa mengawasi dari mana pun dan punya peringatan untuk mengontrol penggunaan. Ketika diterapkan di Indonesia, hal ini diharapkan dapat membangun Indonesia lebih maju khususnya di daerah pesisir.

Penerapan teknologi smart grid di Indonesia dapat mendorong elektrifikasi Indonesia ke semua area hanya dengan memanfaatkan energi terbarukan. Selain di Nusa Penida Bali, jaringan pintar dalam energi listrik ini telah diterapkan juga di Sumbawa. Terdapat sejumlah manfaat dengan adanya penerapan smart grid di Indonesia.

Penggunaan Energi Lebih Efisien

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat untuk menyimpan data serta mengawasi penggunaan energi memungkinkan penggunaannya jadi lebih efisien. Pengguna maupun operator jaringan itu sendiri bias mengetahui maupun memperbaiki apabila terjadi potensi penggunaan energi yang berlebihan. Pengguna jadi lebih cerdas dalam mengatur penggunaan listrik sehingga jaringan pintar dapat mendukung hemat energi secara signifikan.

Dapat Mengelola Sumber Daya Energi Terbarukan

Jaringan pintar mendukung integrasi lebih baik pada sumber energi terbarukan dengan menggunakan angin dan surya sebagai sumbernya. Jaringan pintar ini dapat mengatur proses distribusi listrik menyesuaikan kebutuhan berdasarkan data yang dibagikan oleh sensor sehingga terhindar dari pemborosan pasokan listrik.

Meningkatkan Keamanan dan Ketahanan

Penerapan smart grid di Indonesia dapat meningkatkan keamanan serta ketahanan sistem. Apalagi penggunaan system ini mampu memantau dan memperbaiki secara otomatis. Hal ini meminimalisir adanya pemadaman listrik secara bergiliran. Pelanggan akan lebih nyaman dan sektor bisnis didukung dengan baik serta stabil. Kebutuhan pasokan listrik jadi lebih teratur dan tidak ada kecemasan terkait pasokan listrik.

Mendukung Akses Energi Di area Terpencil

Penerapan smart grid merupakan solusi untuk akses energy jadi lebih stabil khususnya di daerah terpencil. Teknologi komunikasi dan digital mendukung distribusi energi secara dua arah. Dengan teknologi ini di harapkan tidak ada daerah terpencil yang belum mendapatkan pasokan listrik. Akses energi semakin luas sehingga masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya untuk kehidupan sosial maupun ekonomi.

Mendukung Penggunaan Kendaraan Listrik

Teknologi smart grid sangat ampuh untuk mendukung adanya kendaraan listrik di Indonesia. Bagi kamu yang ingin mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor bisa beralih ke kendaraan listrik. Penerapannya semakin praktis, ekonomis, dan sejalan dengan masa depan yang berkelanjutan.

Contoh Smart Grid di Indonesia

Salah satu penerapan smart grid di Indonesia adalah pemanfaatan tenaga angin dan surya sebagai sumber energi listrik. Saat ini sudah dibangun PTLS (pembangkit listrik tenaga surya) untuk mengurangi emisi karbon dan mendukung energi berkelanjutan.

PTLS tak hanya mendukung perumahan konvensional namun juga dimanfaatkan untuk mendukung industri, komersial, dan sektor lainnya. Hal ini sangat penting untuk mengurangi biaya listrik yang terus menerus meningkat.

Di Indonesia baru dibangun 25 jaringan pintar hingga tahun 2024 ini. Dengan adanya teknologi terbaru ini, pelanggan bisa hemat energi terutama di daerah terluar di Indonesia. Tak hanya dalam bidang energi listrik, smart grid juga membawa perubahan lebih baik.

Contoh smart grid di Indonesia antara lain motor listrik, pembangkit listrik tenaga surya, big data analisis, kecerdasan buatan, dan masih banyak lagi. Penerapan smart grid di Indonesia mendukung kemajuan pasokan listrik di Indonesia. Ada 4 dampak positif yang dapat dirasakan di antaranya keandalan energi yang lebih tinggi, efisiensi energi, penghematan biaya operasional, dan perkembangan ekonomi di masa mendatang.

Akan tetapi dalam penerapannya akan menghadapi beberapa tantangan seperti keamanan cyber, investasi awal yang sangat tinggi, integrasi sumber energi terbarukan, dan kepatuhan aturan. Meski begitu, hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran mengenai hidup yang lebih ramah lingkungan apalagi mengurangi pemanasan global.

Smart grid merupakan inovasi baru dalam pasokan listrik agar control penggunaan energy lebih baik dan mendukung masa depan yang hemat energy. Jika tertarik menggunakan jaringan pintar untuk kehidupan sehari-hari, beberapa tempat sudah menggunakan panel surya untuk pasokan listrik di rumah.

Baca Juga : Kompleksitas Robotik Kolaboratif dan Peran Besarnya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *