Freefastapp.net – Kita tahu saat ini perkembangan teknologi yang terus maju dan melesat tinggi ini membuat segalanya Nampak canggih bahkan berperan penting terhadap kehidupan. Ada berbagai teknologi yang selalu membantu manusia dalam berbagai hal baik untuk kehidupan sehari-harinya untuk kepentingan pribadi dan juga kepentingan umum seperti sector industri. Seperti misalnya AR yang memang belum dikenal masyarakat tapi penerapannya sudah digunakan hampir semua masyarakat. Adanya Teknologi Augmented Reality (AR) hadir dengan memberikan peranan penting bagi semua lapisan masyarakat. Dan contoh kecilnya adalah untuk filter wajah yang mana banyak digunakan orang untuk dapatkan efek lebih cantik di kamera. Serta juga dengan adanya fitur atau gambar seperti penambahan karakter, topi dan kacamata pada tampilan wajah setelah kamera mengenai wajah.

Tidak hanya dirasakan untuk kehidupan kita sehari-harinya maka pula punya peranan penting terhadap berbagai sector industri termasuk pula untuk bidang Kesehatan. Dengan gunakan berbagai platform atau perangkat lainnya seperti mobile dan juga sensor memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengguna AR.

Kenali Lebih Dekat, Berikut Definisi Teknologi Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) merupakan suatu teknologi interaktif yang kinerjanya adalah dengan memadukan dunia fisik. Dengan elemen virtual atau digital, sehingga hasil yang diciptakan merupakan suatu pengalaman yang menyatu antar keduanya. Pada era modern yang semakin canggih seperti sekarang ini memang tidak aneh lagi jika berbagai hal Nampak sangat caggih dan inovatif. Apalagi dengan terkoneksi secara canggih dan luar biasa, tentunya kehadiran AR adalah sebagai suatu inovasi teknologi yang lebih menjanjikan. Adapun melalui teknologi ini juga membuat adanya suatu perubahan untuk cara kita dalam berinteraksi di dunia sekitar kita.

Adapun saat ini teknologi yang terus berkembang semakin canggih. Maka akan senantiasa mendukung setiap kebutuhan dan kinerja manusia yang juga mampu menyukseskan manusia untuk berbagai aspek kerja dan prioritas industri serta lainnya. Kehadiran daripada Teknologi Augmented Reality (AR) ini pun sangat berarti dan memiliki peranan yang penting. Sebagai salah satu teknologi yang paling menjajikan dan dapat mengubah cara kita berinterakisi dengan dunia sekitar kita.

Ngomong-ngomong soal Teknologi Augmented Reality (AR) maka akan sangat berperan penting jika diterapkan pada lingkungan alam nyata dengan informasi perseptual. Teknologi daripada AR ini pun dapat difungsikan untuk bisa mengubah lingkungan nyata secara visual dengan cara tertent. Sehingga bisa memberikan informasi tambahan dan pemahaman yang lebih mendetail kepada para penggunanya.

Adapun manfaat dan fungsi utama dari teknologi AR adalah untuk memadukan suatu komponen ditigal dan juga kualitas 3 dimensi atau 3D yang didukung dengan persepsi individu mengenai dunia nyata. Teknologi ini juga memiliki banyak kegunaan yang dapat diterapkan pula dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya bagi para pengguna untuk pengambilan keputusan tepat dan bijak, serta di bidang Kesehatan, Pendidikan dan juga untuk hiburan dan manufaktur.

Begini Cara Kerja Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR)

Cara kerja penerapan daripada Teknologi Augmented Reality (AR) tentu tidak asing lagi termasuk dalam format Smartphone, kacamata dan juga tablet. Adapun cara kerjanya yang bisa diketahui adalah:

  1. Teknologi AR bisa ditampilkan melalui suatu lensa kontak yang dapat dikembangkan. Dengan membutuhkan komponen perangkat keras seperti adanya prosesor, perangkat input, layar dan juga sensor.
  2. Adanya perangkat seluler juga pada umumnya adalah memiliki perangkat keras dengan sensor yang ada pada kamera, GPS (Global Positioning System), akselerometer dan juga Kompas solid-state untuk bisa peroleh data.
  3. Setelah memperoleh data dari sensor maka perangkat lunak AR ini pun akan memproses gambar dan video yang diperoleh untuk mengidentifikasi dan memahami objek sekitar pengguna.
  4. Untuk proses gambar yang sudah diambil dan deteksi objek yang dilakukan untuk mengenali permukaan datar seperti meja dan lantai maka kemudian juga akan muncul suatu fitur menarik Nampak nyata.
  5. Teknologi AR menggunakan Teknik SLAM adalah Simultaneous Localization and Mapping untuk menentukan posisi dan orientasi perangkat di dalam ruang fisik.
  6. AR akan mengetahui dimana pengguna berada dan juga bagaimana perangkat harus memproyeksikan elemen virtual ke dalam lingkungan nyata.
  7. Kemudian muncul elemen virtual seperti teks, gambar, moderl 3D dan juga objek interaktif lain yang dapat ditambahkan ke lingkungan tersebut secara real-time dengan sangat pas dan juga sesuai Nampak nyata.

Demikian cara kerja dari Teknologi Augmented Reality (AR) yang memang menggabungkan teknologi, deteksi objek, proyeksi elemen virtual secara real-time dan juga melalui pemrosesan gambar dan SLAM.

Adakah Kekurangan Dari Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR)?

Dari berbagai hasil yang sudah banyak dirasakan untuk berbagai kepentingan sector apapun dan bagi kehidupan sehari-harinya. Maka bisa diketahui akan pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) ini tentu saja sangat besar dan punya peranan penting. Namun dibalik itupun, selain AR memang sudah berperan besar dalam memberikan kemajuan teknologi. Serta kemajuan terhadap perkembangan industri yang semakin meningkat, memang ada saja beberapa tantangan yang memang perlu diatasi.

Untuk mewujudkan potensi Teknologi Augmented Reality (AR) yang seutuhnya. Memang dalam penerapan teknologi AR juga membutuhkan dukungan dan solusi terbaik lainnya. Adapun beberapa kekurangan yang memang juga perlu kita ketahui akan penggunaan AR ini diantaranya adalah:

Daya tahan baterai

Penggunaan AR ini sebetulnya sangat intensif dalam hal penggunaan daya dan juga memerlukan baterai yang lebih kuat. Maka untuk peningkatan daya tahan baterai pada perangkat mobile Android atau perangkat lainnya. Yang sudah didukung dengan daya baterai yang kuat. Hal ini sering kita alami Ketika misalnya menggunakan teknologi fitur yang beragam pada camera foto sehingga akan membuat daya baterai cepat berkurang.

Keterbatasan teknologi

Kekurangan lainnya juga Nampak pada keterbatasn teknologi yang mana meski AR sudah berkembang sangat pesat. Namun masih saja ada Batasan di dalam mengenali dan juga berinteraksi terhadap lingkungan fisik.

Privasi pengguna

Menjadi hal yang juga sangat penting bahwa privasi pengguna pun menjadi hal yang wajib diperhatikan. Sebab penggunaan daripada teknologi AR ini memang bisa melibatkan pelacakan lokasi dan pemrosesan data pribadi. Karena hal ini maka muncul tantangan dalam hal privasi keamanan setiap pengguna akun.

Masa depan AR

Mengenai masa depan daripada Augmented reality bahwa memang teknologi ini punya potensi yang besar. Sehingga bisa terus berkembang secara signifikan dalam menciptakan pengalaman yang semakin menarik. Untuk itu, perkembangan dari sensor, komputasi cloud dan teknologi AI maka bisa memungkinkan AR menjadi sangat canggih dan terintegrasi pada kehidupan kita sehari-hari.

Disamping kekurangan tersebut, manfaat dan peranan penting dari Teknologi Augmented Reality (AR) sudah pasti banyak dirasakan berbagai pihak sehingga kita perlu memanfaatkannya secara optimal. Perkembangan AR yang terus meningkat ini pun akan sangat baik di masa depannya.

Baca Juga : Manfaat Teknologi Bioteknologi dalam Kehidupan Manusia

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *