Bitcoin cryptocurrency with pile of coins come out from smartphone, Vector illustrator

Freefastapp.net – Mengenal blockchain yang merupakan suatu teknologi khusus yang diterapkan menjadi buku catatan besar dalam menjaga keamanan semua data dan informasi tersimpan secara otomatis dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi, maka pula kita perlu ketahui bagaimana asal usul dari teknologi ini yang kemudian hingga sekarang berikan banyak manfaat untuk perusahaan atau public dan juga untuk individu.

Bukan hanya di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia pun sudah lebih utama dalam memanfaatkan Teknologi Blockchain yang mana punya peranan besar terhadap perkembangan sector industri juga mendukung segala kemudahan aktivitas perusahaan, bahkan pula untuk dunia Pendidikan dan kehidupan secara global lainnya. Yang memang secara tidak sadari bahwa manfaat dari teknologi ini memang sangat dibutuhkan.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Perkembangan Teknologi Blockchain

Mengenai teknologi yang semakin canggih Sekaran ini, mari ketahui berikut ini sejarah dari perkembangan Teknologi Blockchain yang bisa kamu ketahui melalui beberapa peristiwa penting, selengkapnya adalah:

  • Peluncuran Bitcoin tahun 2008

Diawali oleh seorang yang Bernama Satoshi Nakamoto yaitu meluncurkan suatu Bitcoin merupakan suatu cryptocurrencey yang pertama kalinya memanfaatkan teknologi blockchain. Kemudian awal dari Bitcoin ini sangat popular sebab bisa mengatasi masalah dalam system pembayaran tradisional seperti misalnya adalah resiko keamanan, ketergantungan terhadap pihak ketiga dan juga biaya transaksi tinggi.

  • Peluncuran Namecoin tahun 2011

Berikutnya pada tahun 2011 maka Namecoin seorang yang merupakan Cryptocurrencey kedua hadir untuk memanfaatkan teknologi blockchain dalam menyediakan system domain name yang sudah terdesentralisasi secara aman dan takkan bergantung pada system domain name yang tradisional.

  • Peluncuran Ethereum tahun 2013

Ethereum adalah suatu platform dari blockchain yang memungkinkan terjadinya perkembangan pesat terhadap aplikasi desentralisasi jika Bitcoin pemanfaatannya adalah untuk transaksi maka untuk Ethereum ini dapat menyediakan suatu platform yang bisa mengembangkan smart contract yaitu suatu program yang tentunya dapat mengeksekusi perjanjian dengan tidak membutuhkan suatu pihak ketiga.

  • Peluncuran Hyperledger tahun 2015

Hyperledger ini adalah suatu proyek dari BBlockchain yang dapat dikembangkan oleh Linux Foundation yaitu tujuannya adalah untuk mengembangkan teknologi dari blockchain yang fungsinya bisa dirasakan di berbagai sector industry seperti Kesehatan, keuangan, hiburan dan juga logistik.

  • Berkembangnya DeFi tahun 2018

DeFi ini adalah Decentralized Financce yang merupakan suatu aplikasi keuangan yaitu dalam memanfaatkan teknologi blockchain agar dapat memungkinkan setiap pengguna dapat melakukan transaksi keuangan secara lebih terdesentralisasi. Perkembangan dari aplikasi ini melesat tinggi dengan jumlah pengguna yang terus meningkat.

Dengan momen peristiwa tersebut membuktikan bahwa perkembangan dari blockchain ini memang terus meningkat dengan perkembangan yang sangat pesat. Hingga Sekarang ini pun penggunaannya diterapkan di berbagai bdang yang mana membuat dan membantu segala proses transaksi menjadi sangat mudah dapat diilakukan secara aman dan tentu pula memungkinkan terjadinya pengembangan aplikasi baru yang lebih efisien dan transparan.

  • Apa Saja Kelebihan Daripada Teknologi Blockchain?

Mengenal dunia teknologi yang semakin canggih sekarang ini tentu saja membuat segalah hal lebih efisien dan aman. Kecanggihan dari teknologi ini sudah banyak diterapkan di berbagai sector industri seperti Kesehatan, keuangan dan lainnya yang bahkan pula punya peranan terhadap ilmu pengetahua dan lingkungan. Adapun pula perlu kita ketahui kelebihan daripada Teknologi Blockchain yang memang sering dibicarakan sekarang ini mebuat pengguna Bitcoin dan asset digital lainnya alami peningkatan secara signifikan.

Secara singkat untuk definisi dari teknologi blockchain ini adalah suatu system buku besar atau buku catatan besar yang terdesentralisasi sehingga dapat diakses oleh semua orang yang ada di dalam jaringan yang sama. Adapun catatan ini menyimpan data yang terstruktur mudah diakses oleh siapapun tanpa bisa dihapus atau diubah, sehingga lebih aman dari berbagai tindak negatif. maka berikut ini adalah kelebihan Blockchain yang bisa kamu ketahui yaitu:

  • Bersifat Transparansi

Buku catatan besar ini memiliki Riwayat transaksi yang tentunya transparan dengan penggunaan Blockchain yang lebih canggih sehingga buku besar ini terdesentralisasi oleh semua orang dengan melakukan login terlebih dahulu. Maka daftar data ini pun hanya dapat diperbaharui melalui mekanisme consensus yang mana semua orang juga harus menyetujuina jika memang ada perubahan. Adapun semua data dan informasi yang disimpan menjadi sangat akurat dan transparan.

  • Keamanan Terjamin

Kelebihan dari Blockchain berikutnya adalah menjamin keamanan yang mana system teknologi ini memiliki beberapa fitur yang membuat system lebih aman dalam segala hal. Bahkan, untuk proses transaksi di dalam blok ini juga harus disetujui terlebih dahulu sebelum kemudian transaksi akan dicatat. Jika transaksi sudah disetujui maka akan diterima dan dienkripsi serta dihubungkan dengan transaksi sebelumnya. Adapun berbagai data disimpan dalam banyak jaringan computer sehingga data akan sulit untuk diretas. Maka di berbagai industri apapun tentunya dapat mengamankan data secara krusial seperti untuk layanan Kesehatan, perbankan dan juga pemerintahan yang mana bisa mengubah system pengamanan data.

  • Tingkat Efisiensi tinggi

Penggunaan dan penerapan Teknologi Blockchain sudah pasti lebih efisien dan sangat efektif. Lain halnya Ketika suatu pihak hanya menggunakan system tradisional untuk pencatatan seperti gunakan kertas atau cara manual ini maka akan memakan waktu yang lebih lama dan bahkan membutuhkan kehadiran pihak ketiga untuk memediasi.

Dengan gunakan blockchain yang lebih canggih maka bisa melakukan pencatatan dengan sebuah ledger digital yang dimiliki banyak orang di dalam suatu jaringan maka hal ini membuat transaksi lebih cepat selesai dan juga sangat efisien. Maka semua orang pun akan lebih percaya tanpa perlu membutuhkan penengah.

  • Mencegah penipuan

Pada sebuah perusahaan tentu umumnya berurusan dengan produk yang diperdagangkan melalui suatu supply chain yang cukup rumit, sehingga tentunya perusahaan akan melacak dari mana sebuah item itu berasal. Maka apabila jika proses suatu pertukaran barang dapat dicatat pada teknologi blok ini maka tentunya akan berakhir dengan jejak audit yang menunjukkan suatu item beasal. Maka setiap pemberhentian yang dilalui item tersebut. Dengan data tersebut maka bisa membantu untuk memverifikasi sebuah asset yang asli dan mencegah adanya tindak penipuan, sehingga segala data maka akan selalu akurat.

  • Menghemat biaya

Setiap bisnis apapun tentu saja akan berusaha meminimalisir pengeluaran untuk bisa mendapatkan biaya yang lebih hemat dan memang pula hal ini berkaitan dengan Blockchain yang mana dengan mengandalkan teknologi ini untuk sector bisnis maka perusahaan tidak memerlukan aplkasi pihak ketiga sebanyak yang dibutuhkan saat ini, sebab dengan gunakan teknologi blok buku besar ini maka bisa mempercaya data yang ada di dalamnya secara akurat.

Pihak perusahaan tentu pula tidak perlu mereview ulang dalam menyelesaikan sebuah transaksi sebab setiap orang sudah mendapatkan izin secara otomatis dalam mengakses data tunggal yang sama.

Baca Juga : Panduan Memilih Biosensor Lingkungan Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *