Freefastapp.net – Selama ini, jumlah pasokan listrik yang disalurkan dari berbagai sumber terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga angin, matahari dan air telah melampaui semua sumber energi yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga batubara. Hal ini berdasarkan keterangan informasi dari Electric Power Monthly. Ini adalah sebuah fenomena penting walau dominasi energi terbarukan diprediksi cuma akan terjadi sesaat sesudah adanya penyesuaian siklus seperti peningkatan PLTA yang menurun.

Sumber energi terbarukan, entah itu yang dihasilkan dari utilitas regional maupun perusahaan mandiri tengah berkembang signifikan. Selain itu, infrastruktur internet of things dan teknologi terkait bisa memberikan kontribusi sangat besar terhadap peningkatan energi itu. Internet of Things sendiri memungkinkan pengorganisasian lebih efisien dari berbagai sumber penghasil listrik tidak stabil serta tersebar luas berkat bantuan smart grid teknologi.

Smart Grid Teknologi Sebagai Paradigma Listrik Baru

Teknologi smart grid merupakan bagian dari paradigma baru yang diharapkan dengan kehadirannya tersebut mampu memungkinkan mengelola berbagai sumber daya listrik tidak sama sekaligus mampu menstabilkan sistem dengan investasi yang paling sedikit. Menjaga stabilitas listrik dengan cara suplai tegangan yang stabil mampu membuat peralatan serta mesin bisa berfungsi baik.

Maka itulah, sangat diperlukan kompilasi berbagai peralatan baru dan strategi operasi terbaru, termasuk agen baru di mana mampu memperkirakan setiap perubahan yang ada dalam sistem kelistrikan. Terlebih lagi, dari smart grid teknologi ini terdapat beberapa banyak manfaat yang bisa diberikan sesuai kebutuhan pengguna terhadap konsumsi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Terbesar Jaringan Listrik Cerdas (Smart Grid Teknologi)

Sebagai sebuah penemuan teknologi terbaru, smart grid teknologi atau jaringan listrik cerdas ini memiliki segudang manfaat terhadap efisiensi penggunaan listrik dari produksi listrik yang dialirkan. Lebih lengkapnya, inilah rangkaian manfaat terbesar yang bisa diberikan oleh smart grid teknologi diantaranya:

  1. Membangun jaringan pedesaan

Smart grid teknologi memiliki manfaat besar dalam mendukung sekaligus memperbaharui infrastruktur lama, khususnya di jaringan pedesaan. Terlebih lagi, di daerah-daerah terpencil, pasokan listrik biasanya belum merata seperti layaknya di perkotaan, bahkan belum mendapatkan akses sama sekali. Maka, dengan adanya smart grid teknologi ini, pendistribusian aliran energi listrik bisa tersalurkan lebih baik, merata serta optimal yang bisa dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat yang berada di pedesaan.

  • Efisiensi yang optimal

Manfaat lain dari smart grid teknologi yang paling utama ialah mampu menciptakan efisiensi yang optimal. Kontrol beserta organisasi yang maju sangat memungkinkan pengoperasian yang cerdas serta menguntungkan. Dengan demikian, dari mulai produksi listrik hingga ke penyaluran energi kepada para pengguna akan lebih bersinergi dan lebih optimal tanpa ada kebocoran ataupun energi yang terbuang percuma.

  • Penggunaan energi berkelanjutan

Seperti kita ketahui, dalam teknologi smart grid juga diusung dengan meter pintar. Nah, teknologi meter pintar inilah yang mampu menghadirkan prospek guna memotivasi para pelanggan menuju ke penggunaan energi yang berkelanjutan dan rasional. Dengan demikian, hal tersebut mampu mengubah kebiasaan pemanfaatan bagi mereka.

  • Penggunaan pada kendaraan listrik

Setiap teknologi dalam smart grid telah memfasilitasi penggunaan pada kendaraan listrik dalam kehidupan masyarakat sekaligus memberi mereka kapasitas dan peran baru. Misalnya yaitu yang datang dari strategi “vehicle to grid”. Itu artinya, mereka meningkatkan kelancaran terhadap kemajuan penerapan penyimpanan oleh pengguna akhir dan DSO.

  • Mampu memperkuat sistem terhadap berbagai kendala listrik

Smart grid teknologi sendiri sangat bermanfaat untuk mampu memperkuat sistem terhadap berbagai kendala listrik yang biasanya seringkali terjadi. Tak hanya untuk itu, tetapi smart grid teknologi juga menguatkan sistem pada saat adanya lonjakan listrik utamanya di jaringan pedesaan.

Perkembangan Teknologi Smart Grid

Studi mengenai smart grid teknologi atau jaringan listrik cerdas sudah nampak kian meningkat secara signifikan dalam hitungan dekade terakhir. Alasan inilah yang menjadikan jaringan listrik pintar sudah dialihkan gagasan dan realitas virtual ke tahapan implementasi. Selain itu, dalam sepuluh tahun terakhir, sebanyak puluhan ribu artikel tentang penelitian yang berbeda sudah dirilis mengenai segala hal yang berkaitan dengan smart grid teknologi.

Hal tersebut menunjukkan besarnya minat para peneliti dalam bidang ini. Adapun teknologi smart grid sendiri telah diprakarsai dan dikembangkan pertama kali oleh beberapa negara maju yang ada di dunia hingga diimplementasikan oleh beberapa negara lain yang semakin luar. Beberapa negara yang menjadi pelopor pengembangan teknologi smart grid diantaranya seperti negara Jepang, Amerika Serikat dan negara-negara Skandinavia.

Sejumlah Peran Penting Teknologi Smart Grid Terhadap Sumber Energi Terbaru

Tujuan yang paling menyeluruh dari smart grid tentu saja untuk meningkatkan keandalan, efisiensi hingga keberlanjutan perangkat dalam penggunaan listrik. Dalam konteks ini, ada beberapa alasan mengapa smart grid teknologi ini benar-benar sebagai pilihan terbaik jika dilihat berdasarkan peran pentingnya terhadap sumber energi terbaru antara lain:

  • Sesuai permintaan dan mengurangi konsumsi

Keuntungan yang paling penting dan utama dari smart grid teknologi tentu saja karena peranannya dalam memberikan distribusi listrik yang menjadi sesuai dengan permintaan serta mengurangi konsumsi yang berlebih. Teknologi listrik pintar mempunyai kemampuan dalam memantau pemanfaatan energi kapan pun pada meteran energi apapun. Itu artinya, pengguna akhir dapat memastikan konsumsi secara real time.

  • Keberlanjutan energi

Teknologi smart grid juga berperan penting dalam hal keberlanjutan energi. Sebagaimana diketahui, keberlanjutan energi sudah menjadi masalah yang bersifat global. Walaupun energi terbarukan adalah aspek kunci dalam merealisasikan kebijakan ramah lingkungan, namun energi terbarukan ini juga punya permasalahan logistik tersendiri. Contohnya, hampir tidak mudah untuk memanfaatkan energi terbarukan tersebut lewat sistem jaringan listrik yang telah ketinggalan zaman, tradisional atau konvensional.

  • Mendistribusikan data secara cerdas

Pada prinsipnya, penggunaan teknologi smart grid untuk memasak energi merupakan langkah kunci guna beralih ke distribusi energi bersifat digital. Perangkat digital yang telah dioptimalkan, realtime serta cerdas memberi informasi yang menunjang dalam mengatasi berbagai masalah kualitas daya dengan tepat waktu.

  • Pengurangan emisi karbon

Semua cara dari teknologi smart grid yang telah dipaparkan di atas mampu mendorong energi terbarukan terarah kepada pengurangan konsumsi energi yang berdampak terhadap pengurangan emisi karbondioksida. Maka dari itu, smart grid teknologi atau jaringan listrik cerdas mampu mendorong masa depan yang berkelanjutan. Pada saat perusahaan utilitas memperoleh kendali yang lebih besar pada jaringan listrik, implementasi energi terbarukan jadi lebih mudah serta maksimal.

Dengan adanya smart grid teknologi, tentu sudah sangat jelas bahwa manfaatnya terhadap energi terbarukan sangat besar. Apalagi, jaringan listrik cerdas telah mampu sepenuhnya mengoptimalisasi pasokan listrik beserta penggunaannya terhadap kehidupan manusia. Meskipun memang tidak dipungkiri bahwa pengembangan teknologi smart grid ini terkadang masih menemui berbagai kendala. Namun yang jelas, teknologi ini membawa perubahan besar terhadap efisiensi energi listrik di masa sekarang.


Baca Juga : Cara Kerja Smart Grid hingga Beragam Banyak Keunggulannya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *