Freefastapp.net – Sebagaimana kita ketahui, COBOT atau robot kolaboratif merupakan robot yang difungsikan mampu bekerja dengan manusia. Namun, robot kolaboratif sendiri biasanya lebih ideal digunakan oleh beberapa perusahaan elektronik yang memerlukan pengerjaan lebih detail serta kompleks yang mungkin tidak akan mampu dijangkau ataupun dikerjakan oleh manusia secara manual.

Karenanya, robot kolaboratif lebih sesuai digunakan ataupun dimanfaatkan dalam industri elektronik sebab bisa bekerja sesuai dengan ranahnya yang mana telah diprogram sedemikian rupa. Berbeda dengan robot industri tradisional. COBOT atau robot kolaboratif mempunyai beberapa jenis yang telah diprogram dengan kapabilitasnya masing-masing sesuai dengan kemampuan dalam mengerjakan berbagai tugas tertentu.

Saat ini, industri elektronik pun lebih membutuhkan peran robot kolaboratif dalam meningkatkan efektivitas maupun efisiensi pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Bukan hanya mampu bekerja dengan lebih baik dengan segala kapabilitasnya, robot kolaboratif bahkan lebih murah sehingga perusahaan tidak perlu membayar biaya besar untuk menggunakan robot.

Tak hanya dalam industri elektronik saja, robot kolaboratif sebetulnya juga sangat relevan digunakan oleh perusahaan otomotif ataupun industri hiburan. Biasanya, perusahaan elektronik ataupun otomotif memiliki beberapa bagian pekerjaan yang sangat sulit dilakukan manual oleh manusia sehingga peran COBOT pasti sangat dibutuhkan.

Inilah Beberapa Keutamaan Robot Kolaboratif dalam Industri Elektronik

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya kenapa robot kolaboratif lebih penting dalam industri. Terlebih untuk industri elektronik yang oleh beberapa perusahaan besar pun sudah mulai diadopsi dalam meningkatkan produksi lewat berbagai jenis pekerjaan. Tak hanya itu, industri elektronik yang menggunakan jasa robot kolaboratif biasanya lebih produktif dengan menghasilkan banyak produk lebih cepat.

Karena memang, sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa robot kolaboratif mampu mengerjakan tugas pekerjaan yang sulit dijangkau manusia. Tidak seperti manusia pada umumnya, robot kolaboratif dirancang tidak akan kelelahan selama mengerjakan tugas tertentu. Berbeda dengan manusia yang biasanya memiliki keterbatasan jika bekerja terlalu lama. Sementara itu, berikut beberapa keutamaan robot kolaboratif dalam industri elektronik yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Menjalankan fungsi teknis pekerjaan

COBOT atau robot kolaboratif merupakan jenis robot yang pastinya berbeda dengan robot tradisional di mana digunakan dalam industri  yang besar. Robot kolaboratif mempunyai sifat yang terjangkau, lincah, ringan serta bisa dengan mudah dimodifikasi dalam penerapan yang berbeda.

Industri elektronik sendiri menggunakan robot kolaboratif dalam berbagai proses, tidak terkecuali perakitan, penanganan, pengepakan, pengujian, inspeksi, pembuangan bahkan hingga menata serta melapisi papan sirkuit.

  • Membaur dengan fasilitas produksi di dalam perusahaan

Selain menjalankan fungsi teknis pekerjaan, keutamaan lain dari robot kolaboratif adalah bisa membaur dengan fasilitas produk di dalam perusahaan. Seperti misalnya saja robot kolaboratif jenis UR3 yang punya sifat kecil, ringan serta padat di mana itu bisa dengan mudah diintegrasikan beserta dengan fasilitas produksi perusahaan yang mempunyai ruang terbatas.

Robot kolaboratif bisa diaplikasikan tanpa harus melakukan perubahan besar di tata letak ruangan kerja serta mensupport penggunaan beragam jenis end effector misalnya solder besi, gripper ataupun obeng. Dengan demikian, hal tersebut sangat memungkinkan bagi tim untuk menyelaraskan robot kolaboratif dalam melakukan berbagai tugas berbeda pada fasilitas yakni mengambil dan meletakkan benda, menyolder serta memasang baut.

  • Menjalankan tugas beresiko tinggi

Keselamatan merupakan faktor yang paling penting dalam pekerjaan sehingga robot kolaboratif diciptakan untuk mampu menjamin keselamatan kerja. Makanya, memang benar bahwa COBOT atau robot kolaboratif sanggup menjalankan tugas beresiko tinggi yang diperlukan oleh perusahaan. Terlebih, tugas-tugas yang beresiko tinggi  sangat tidak memungkinkan dilakukan manusia, terlebih jika menjamin keselamatan.

Robot kolaboratif sendiri diciptakan dengan mengusung sistem keamanan yang paten dan sangat memungkinkan bagi karyawan bisa bekerja di sekitarnya tanpa membutuhkan pagar pengamanan. Tak hanya itu, robot kolaboratif juga akan membebaskan karyawan atau pekerja dari berbagai tugas yang beresiko tinggi seperti misalnya menyolder serta memisahkan beberapa bagian PCB di mana mengeluarkan asap maupun partikel debu yang berbahaya.

  • Membantu mencapai mutu produk konsisten

Keutamaan lain robot kolaboratif dalam industri elektronik yaitu bisa membantu mencapai mutu produk konsisten. Beberapa banyak perusahaan elektronik pada awalnya hanya mengandalkan proses yang annuall di mana sangat bergantung terhadap tenaga kerja manusia. Akan tetapi, guna meningkatkan produktivitas serta mencapai kualitas produk dengan sangat konsisten, akhirnya perusahaan pun menggunakan robot kolaboratif dengan berbagai jenis-jenis COBOT tertentu yang memang sangat sesuai dan juga diperlukan.

Tentu saja, hal demikian dilakukan supaya produksi jadi lebih efisien serta mampu mengurangi kekurangan di mana mungkin saja terjadi di dalam produk dikarenakan faktor manusia. Makanya, penggunaan robot kolaboratif dalam industri elektronik sudah dianggap sebagai salah satu hal terpenting di mana berkontribusi besar dalam membantu mencapai mutu produk yang lebih baik serta konsisten.

Pentingnya Menggunakan Robot Kolaboratif untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Tidak sedikit beberapa banyak perusahaan khususnya yang bergerak dalam industri elektronik sudah menggunakan jasa robot kolaboratif. Terlebih, robot kolaboratif memang diciptakan guna membantu perusahaan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan ataupun tugas-tugas yang tidak mampu dilakukan oleh manusia dengan pengerjaan secara manual.

Tak hanya, robot kolaboratif juga mampu meningkatkan kualitas produk lebih baik dibanding manusia biasa. Beberapa alasan pentingnya menggunakan robot kolaboratif atau COBOT bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk karena:

  1. Bekerja tanpa lelah

Ini dia salah satu alasan penting menggunakan robot kolaboratif bagi perusahaan karena COBOT ini bisa bekerja secara maksimal tanpa lelah. Berbeda dari manusia biasa yang pastinya mempunyai batas tenaga sehingga terlalu lama bekerja pasti akan merasa kelelahan. Maka dari itu, dengan penggunaan robot kolaboratif, tentu saja sangat bisa meningkatkan kualitas produk yang lebih bagus, proses yang tidak memakan waktu terlalu lama serta sesuai dengan apa yang menjadi ekspektasi bagi perusahaan tersebut.

  • Diprogram untuk profesional mengerjakan tugas tertentu

Alasan kenapa robot kolaboratif bagi perusahaan bisa meningkatkan kualitas produk yang lebih baik karena COBOT memang sudah diprogram untuk senantiasa profesional di dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu. Robot kolaboratif mungkin akan bekerja sesuai porsinya yang pastinya minim adanya kegagalan atau kesalahan. Lain halnya dengan manusia, karena bekerja secara manual tidak menutup kemungkinan akan adanya kesalahan akibat faktor kelelahan ataupun lainnya.

  • Banyak jenis-jenisnya yang sesuai kapabilitasnya masing-masing

Robot kolaboratif berbeda dengan robot tradisional karena terdiri dari beragam jenis. Tak hanya itu, masing-masing robot kolaboratif bahkan didesain memiliki kemampuan bekerja yang  berbeda-beda mulai dari mengerjakan pekerjaan ringan, sedang bahkan yang berat sekalipun. Perusahaan elektronik misalnya, jika menggunakan robot kolaboratif tentu bisa meningkatkan produk yang berkualitas sebab setiap jenis-jenis pekerjaan tertentu tidak hanya harus dilakukan oleh satu jenis COBOT saja, melainkan bisa juga mengadopsi beberapa jenis COBOT atau robot kolaboratif lain.


Baca Juga : Peran Penting Robot Kolaboratif dalam Optimalisasi Pekerjaan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *