Freefastapp.net – Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004, robot kolaboratif atau COBOT (Collaborative Robot) merupakan inovasi yang dihadirkan untuk bisa bekerja bersama manusia. Hal ini berbeda dengan halnya robot tradisional atau robot industri yang diciptakan hanya untuk menerima perintah saja. Bahkan, robot kolaboratif memiliki kapabilitas yang lebih mumpuni tidak hanya sekedar menerima dan melaksanakan perintah, tetapi juga mampu mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan tertentu.

Kecanggihan dan kelebihannya ini membuat robot kolaboratif banyak digunakan oleh berbagai perusahaan-perusahaan yang memang sangat membutuhkan pekerjaan yang sulit dilakukan manusia atau bisa mengefisiensi waktu. Apalagi, COBOT sendiri terdiri dari berbagai macam jenis robot yang memang sudah didesain mampu mengerjakan bidang pekerjaan tertentu sesuai ranahnya.

Bagi beberapa sektor atau perusahaan tertentu, peran robot kolaboratif sangat penting dalam mengoptimalisasi pekerjaan ataupun hingga proses produksi. Karena sesuai dengan namanya, robot kolaboratif akan bekerja berkolaborasi dengan manusia sehingga bisa meminimalisir kesalahan dari manusia.

Biasanya, COBOT sudah mulai banyak digunakan atau diadopsi oleh berbagai perusahaan elektronik, manufaktur, otomotif hingga hiburan. Hal itu dilakukan oleh banyak perusahaan tertentu bukan hanya untuk mempermudah atau mempersingkat pengerjaan, tetapi juga proses produksi dan hasilnya lebih memuaskan sehingga bisa mendatangkan traffic yang lebih bagus pula bagi perusahaan tertentu.

Beberapa Peran Penting Robot Kolaboratif dalam Optimalisasi Pekerjaan serta Proses Produksi

Sebagai sebuah inovasi teknologi yang dirancang khusus bisa bekerja dengan manusia, tentu saja robot kolaboratif sendiri mempunyai beberapa peranan penting. Hal itu bisa dilihat dari kapabilitas COBOT dalam hal optimalisasi pekerjaan maupun proses produksi yang biasanya memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan tertentu.

Kini, dengan kontribusi besar dari COBOT membuat manusia akan sangat terbantu dalam hal pekerjaan. Selain mudah, hal itu juga membuat berbagai pekerjaan manusia bisa lebih cepat selesai serta hasil yang diperoleh pun sesuai ekspektasi perusahaan yang akan bisa meningkatkan produktivitas. Adapun beberapa peranan penting robot kolaboratif dalam mengoptimalisasi pekerjaan serta proses produksi diantaranya seperti berikut ini:

  • Penanganan Bahan Baku

Robot kolaboratif tentu saja memiliki peran penting dalam mengoptimalkan pekerjaan maupun proses produksi seperti misalnya dalam hal penanganan bahan baku. Ini meliputi berbagai jenis pekerjaan seperti bongkar muat, tes dan inspeksi, memilih dan konversi, transfer bagian, pengemasan, serta perawatan mesin. Beberapa hal tersebut mungkin menjadi bidang pekerjaan yang sangat sulit dilakukan manual oleh manusia atau jika pun bisa pasti memerlukan waktu yang lebih lama.

  • Pengolahan

Tak hanya dalam hal penanganan bahan baku, peran penting dari robot kolaboratif dalam pekerjaan ialah dari pengolahan. COBOT sendiri telah dirancang khusus dan diprogram sebagaimana mestinya untuk bisa melakukan beberapa sektor pengolahan dalam pekerjaan seperti misalnya cutting dan routing, assembly, dispensing, drilling dan screw tightening, press dan forming, spray dan painting serta masih banyak lagi.

Dengan semua kemampuannya tersebut, jelas tidak mengherankan apabila COBOT atau robot kolaboratif sangat diperlukan sekali oleh banyak perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang manufaktur dan juga elektronik. Karena, berbagai bidang pekerjaan yang sulit di dalam perusahaan tersebut jelas membutuhkan peran robot yang tidak mampu dijangkau oleh manusia.

Keuntungan dari Robot Kolaboratif dalam Dunia Pekerjaan

Tak hanya memiliki peran besar dalam membantu pekerjaan manusia dan bekerja secara efektif serta aman, tentu robot kolaboratif juga memberikan dampak keuntungan tersendiri dalam dunia pekerjaan bagi perusahaan tertentu. Apalagi, COBOT sendiri sudah semakin populer dalam dunia industri karena memang menawarkan banyak sekali benefit bagi yang menggunakannya.

Hal ini pun sudah bisa dirasakan sendiri oleh beberapa perusahaan yang mengadopsi COBOT di mana semua bidang pekerjaan bisa ter-handle dengan efektif dan maksimal yang sangat menguntungkan pihak perusahaan. Berikut serangkaian keuntungan dari robot kolaboratif dalam dunia pekerjaan antara lain yaitu:

  1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Satu dari sekian banyak COBOT dalam dunia pekerjaan tentu saja ialah bisa meningkatkan produktivitas maupun efisiensi di dalam lingkungan kerja. Robot kolaboratif sendiri dalam beberapa tahun terakhir sudah menjadi kian populer dalam industri kerja karena kapabilitasnya dalam menyelesaikan berbagai tugas yang memakan waktu dan terus berulang secara akurat dan cepat. Dalam beberapa kasus, robot kolaboratif bahkan mampu bekerja nonstop selama 24 jam tanpa kelelahan seperti manusia, hingga memastikan proses produksi bisa berjalan secara lancar.

  • Meningkatkan dan menjamin keselamatan

Robot kolaboratif juga dirancang untuk bisa meningkatkan keselamatan dalam hal bekerja dengan manusia karena senantiasa memperhatikan keselamatan sebagai prioritas utama. Apalagi, COBOT didukung dengan berbagai sistem pengaman dan sensor sangat canggih guna mampu mencegah adanya kecelakaan. Tak  hanya itu, robot kolaboratif punya kemampuan berhenti secara otomatis ketika mendeteksi adanya keberadaan manusia di sekitarnya dan bisa mengurangi resiko cedera dan kecelakaan manusia di tempat kerja.

  • Meningkatkan akurasi dan kualitas

Robot kolaboratif atau COBOT punya kemampuan dalam melakukan tugas dengan sangat konsisten serta tingkat keakuratan yang sangat baik dibanding manusia sekali pun. COBOT tidak akan terpengaruh oleh berbagai faktor seperti misalnya ketidakkonsistenan, kelelahan ataupun ketidak sempurnaan manusia. Dengan demikian, mereka mampu menghasilkan produk yang jauh lebih berkualitas serta dengan presisi yang lebih tinggi. Hal demikian pastinya bisa membantu dalam meningkatkan reputasi suatu perusahaan serta kepuasan bagi para konsumen.

  • Memudahkan pemrograman dan integrasi

Pada prinsipnya, robot kolaboratif dirancang khusus untuk mampu diintegrasikan dan diprogram dengan beberapa sistem lainnya. Sebagian besar robot kolaboratif diusung dengan antarmuka pengguna grafis di mana sangat mudah buat digunakan. Alhasil, tidak diperlukan keahlian khusus guna memprogram maupun mengoperasikan COBOT. Di lain sisi, COBOT atau robot kolaboratif dengan mudahnya dapat diintegrasikan dengan sistem produksi di mana telah ada di dalamnya dan tak mesti melakukan investasi besar guna mengganti sistem produksi tersebut yang sudah ada.

  • Biaya lebih rendah

Keuntungan lain dari adanya COBOT atau robot kolaboratif yaitu lebih terjangkau dibandingkan dengan robot industri atau tradisional yang biasanya punya biaya operasional lebih rendah. Pada beberapa banyak kasus, penggunaan robot kolaboratif bisa mengurangi biaya produksi serta mampu meningkatkan efisiensi, di mana hal tersebut dapat menghasilkan pengembalian investasi lebih cepat. Di samping itu pula, robot kolaboratif lebih gampang untuk dipelihara serta diperbaiki dibanding robot industri tradisional yang mana semua itu bisa mengurangi biaya perawatan maupun perbaikan.

Dengan banyaknya keuntungan seperti di atas, sudah sewajarnya apabila robot kolaboratif atau cobot banyak digunakan dalam setiap perusahaan tertentu guna meningkatkan kinerja lebih baik dalam perusahaan. Apalagi, COBOT memiliki cukup banyak peran penting dalam melakukan berbagai pekerjaan dengan manusia yang akan membuat hasil produksi meningkat secara signifikan dengan tanpa perlu lagi memerlukan waktu yang lama ataupun biaya yang cukup besar.

Baca Juga : Semua Manfaat Robot Kolaboratif yang Paling Relevan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *