Freefastapp.net – Robot kolaboratif hadir dalam bidang robotika sebagai salah satu inovasi terbaru yang diciptakan untuk mampu berkontribusi dalam pekerjaan manusia. Saat ini, ada berbagai jenis robot yang sudah disesuaikan berdasarkan dengan kriteria ataupun bidang pekerjaannya masing-masing sehingga memberikan hasil kinerja yang memuaskan dan juga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para perusahaan tertentu.

Tak hanya itu, bahkan sekarang ini juga ada beberapa jenis robot kolaboratif yang paling umum digunakan dalam berbagai kebutuhan tertentu. Makanya, tidak heran jika saat ini pekerjaan apapun bisa lebih praktis dan perusahaan bisa lebih produktif hasilkan produknya karena tidak  hanya mengandalkan kapabilitas atau kemampuan manusia saja.

Berbagai kategori robot kolaboratif saat ini juga telah menjadi bukti bahwasannya teknologi sudah semakin sangat maju. Bahkan dalam bidang pekerjaan saja, peran manusia seolah sudah mulai tergantikan karena robot sudah diprogram untuk bekerja melebihi kapabilitas manusia pada  biasanya. Ini memang menguntungkan bagi perusahaan tertentu, tapi lama kelamaan akan mempersempit lapangan pekerjaan.

Seperti kita ketahui, jenis-jenis robot kolaboratif yang ada sudah disesuaikan dengan kriterianya masing-masing dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Beberapa di antara jenis robot jika dilihat berdasarkan kriterianya yakni jika dilihat berdasarkan kemampuan payload, konfigurasi, mode kerja dan juga berdasarkan aplikasi.

Kecanggihan robot kolaboratif tentu sudah mampu membuat pekerjaan apapun semakin mudah. Apalagi, perusahaan yang biasanya lebih banyak menggunakan robot kolaboratif yakni perusahaan dalam sektor hiburan, elektronik hingga otomotif atau perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk-produk dengan mengusung banyak part-part tertentu yang memang tidak bisa dijangkau cuma dengan mengandalkan kapabilitas manusia saja.

Ini Dia Jenis-jenis Robot Kolaboratif yang Paling Umum Digunakan

Dalam berbagai kebutuhan tertentu, ada beberapa jenis robot kolaboratif yang memang lebih umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu karena dinilai efektif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Masing-masing jenis robot punya kemampuan khusus dalam bidang tersebut sehingga bisa disesuaikan dengan apa yang setiap perusahaan perlukan untuk mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai sektor yang paling tepat.

Namun memang, sebagian dari kita mungkin masih ada yang belum mengetahui nama-nama robot kolaboratif karena mempunyai nama yang sulit, tetapi tidak akan asing bilamana melihat wujudnya secara langsung. Berikut ini ada beberapa jenis-jenis robot kolaboratif yang paling umum digunakan dalam berbagai kebutuhan tertentu diantaranya:

  1. Universal Robots UR3

Jenis pertama ada Universal Robots UR3 yang sangat umum digunakan karena mempunyai bentuk kompak sehingga sangat ideal digunakan dalam ruang kerja yang terbilang sempit. Ukuran robot UR3 yang kecil dan kompak cocok sekali untuk digunakan di atas meja ataupun langsung terpasang dalam mesin. Dengan demikian, robot ini sangat pas untuk diusung ke dalam aplikasi perakitan ringan maupun pengencangan sekrup sehingga seringkali banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan elektronik.

  • Universal Robots UR5

Selan UR3, jenis robot kolaboratif berikutnya yang juga paling umum digunakan dalam berbagai kebutuhan adalah Universal Robots UR5. Berbeda dengan UR3, robot jenis UR5 mempunyai kapabilitas dalam pekerjaan menengah disertai dengan fleksibilitas yang lebih maksimal dibanding UR3. Robot ini dirancang juga untuk integrasi mudah ke dalam sejumlah aplikasi dan ditawarkan sebagai sebuah sistem robot OEM serta dengan pengendali pengajaran tiga posisi.

  • Universal Robots UR10

Universal Robots UR10 merupakan sebuah robot industri kolaboratif di mana sangat serbaguna karena kemampuannya dalam mengangkut beban tinggi sekitar 12,5 kilogram serta dengan jangkauan panjang 1300 milimeter. Dengan kapabilitasnya demikian, robot UR10 sangatlah cocok untuk digunakan dalam berbagai aplikasi pada bidang penanganan mesin, pengemasan hingga penumpukan pallet. Robot ini juga ditawarkan sebagai sebuah sistem robot OEM maupun dengan pengendalian pengajaran tiga posisi seperti layaknya UR5.

  • KUKA LBR iiwa

KUKA LBR iiwa ialah jenis robot sensitif dari produksi seri pertama yang ada di dunia di mana kompatibel dengan HRC. Selain itu, LBR iiwa bisa membuat robot maupun manusia bisa bekerja sama dalam mengerjakan berbagai tugas tertentu yang dianggap sangat sensitif dengan kerja sama erat dan saling keterkaitan.

Selain itu, jenis robot kolaboratif ini juga membuka kemungkinan aplikasi yang baru serta membuka jalan terhadap peningkatan efisiensi maupu efektivitas biaya. Saat dikolaborasikan dengan saudara kecilnya, KUKA LBR iiwa mampu menangani aplikasi robot kolaboratif dari yang kecil sampai dengan yang besar serta sederhana hingga yang kompleks. Kolaboratif LBR iiwa dan robot sensitif tersedia dalam 2 versi yang ditunjang dengan kapasitas mengangkut beban 7 serta 14 kilogram .

  • ABB YuMi

Robot kolaboratif  jenis ini sangat cakap di dalam menambah fleksibilitas terhadap proses perakitan yang memerlukan membuat banyak produk di mana sangat individual dalam siklus yang singkat. Melalui penggabungan kapabilitas unik manusia di dalam beradaptasi disertai perubahan dengan ketahanan dengan tanpa lelah robot untuk pekerjaan yang berulang-ulang dan tepat, sangat dimungkinkan untuk otomatisasi perakitan berbagai banyak jenis produk pada jalur yang sama.

  • FANUC CR-35iA

FANUC CR-35iA merupakan robot kolaboratif yang mempunyai kapasitas beban sampai dengan 35 kilogram dan sangat ideal untuk memanipulasi elemen berat pada posisi mnapun, yakni mencapai jarak 1813 milimeter. Robot ini telah dilengkapi dengan sistem sensor yang terintegrasi mampu memberikan keamanan serta kekuatan lebih guna proses produksi. Selain itu, robot ini juga gampang diprogram serta telah bersertifikasi keamanan.

Sistem kontrol R-30iB merupakan generasi atau versi terbaru dari sebuah teknologi FANUC yang ringkas, efisien dan canggih di mana mampu meningkatkan produktivitas. Sistem kontrol yang terdapat di dalam robot kolaboratif ini dirancang  lebih intuitif hingga mampu mengoptimalkan daya dalam mengurangi konsumsi energi maupun meningkatkan kinerja dengan waktu siklus serta kecepatan ataupun presisi yang lebih besar.

  • Rethink Robotics Baxter

Rethink Robotics Baxter merupakan robot yang mempunyai keunggulan soal harganya yang lebih terjangkau dibanding jenis robot lainnya. Tak hanya harganya yang murah, tetapi robot inipun juga gampang dipasang di pabrik, memerlukan sedikit pelatihan, serta relatif aman untuk bekerja dengan manusia.

Tak hanya itu, robot kolaboratif ini juga lebih diunggulkan di dalam hal kecepatan serta akurasi yang sanggup mengalahkan tenaga ataupun kapabilitas manusia. Tak heran jika robot inipun menjadi salah satu yang paling umum sekali digunakan dalam berbagai kebutuhan tertentu.

  • Techman Robot TM12 dan TM14

Adapun jenis robot kolaboratif lain yang paling umum digunakan yaitu Techman Robot TM12 dan TM14. Robot ini menawarkan kemampuan muatan serta jangkauan terbaik yang ada di kelasnya. TM12 sendiri menawarkan muatan 12 kilogram serta jangkauan 1300 milimeter. Sementara itu, TM14 menawarkan muatan 14 kilogram sesuai namanya dengan jangkauan 1100 milimeter. Sama halnya seperti TM5 robot ini sangat mudah diaplikasikan dan juga fleksibel sehingga banyak dimanfaatkan berbagai perusahaan.


Baca Juga : Mengenal Beragam Jenis Robot Kolaboratif Terpercaya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *